INFO

     » ==== Selamat Datang !! di Website Resmi Bidang Pendidikan Islam Kanwil Kementerian Agama Provinsi NT
Kamis, 07 Januari 2016 - 16:54:35 WIB
Penyerahan DIPA TA.2016 dan Penandatanganan Pakta Integritas lingkup Kanwil Kementerian Agama NTT

Diposting oleh : Administrator
Kategori: Kegiatan - Dibaca: 7881 kali

Kupang - Perayaan tahun baru telah usai, geliat kerja pemerintahan mulai digelorakan. Kerja Kementerian ditandai dengan perayaan Hari Amal Bakti (HAB) ke-70 Kementerian Agama RI yang jatuh pada tanggal 3 Januari 2016. Dalam rangka menyatukan visi dan komitmen bersama seluruh aparat kementerian, Kanwil Kementerian Agama Provinsi Nusa Tenggara Timur mengundang seluruh pimpinan Satker Kementerian Agama Kabupaten/Kota dan Madrasah Negeri se-Provinsi Nusa Tenggara Timur dalam momentum acara Penyerahan DIPA TA.2016 dan Penandatanganan Pakta Integritas serta Penguatan Sistem Perencanaan Lingkup Kanwil Kementerian Agama Provinsi Nusa Tenggara Timur. Kegiatan yang dilaksanakan di Aula I Kanwil Kementerian Agama Provinsi Nusa Tenggara Timur, 7 Januari 2015 ini turut menghadirkan Kepala Biro Perencanaan Sekretariat Jenderal Kementerian Agama RI, Drs. H. Akhmad Lutfi yang didampingi dengan Kabag Perencanaan.

Dalam arahan Kepala Biro Perencanaan, terselip poin penting terkait Instruksi Menteri Agama tentang Pelaksanaan Program dan Anggaran 2016, antara lain :

  1. Pelajari dan telaah kembali DIPA yang telah diperoleh apakah sudah sesuai dengan Outcome program, dan jika dipandang perlu segera lakukan revisi agar focus pada pencapaian target kinerja yang telah ditetapkan.
  2. Agar melakukan pengecekan satu per satu detil program, kegiatan dan anggaran, mana yang benar, mana yang tidak benar, mana yang menghamburkan, mana yang memboroskan untuk dihilangkan, pastikan bahwa anggaran tersebut memang bermanfaat.
  3. Segera selesaikan jika masih terdapat catatan dalam DIPA untuk memastikan program dan kegiatan dapat segera dilaksanakan mulai bulan januari 2016.
  4. Perhatikan dan fokus pada kegiatan prioritas sesuai dengan visi dan misi Presiden dan tugas fungsi Kementerian Agama melalui optimalisasi pemanfaatan anggaran terutama yang memiliki nilai tambah yang besar dan dampak langsung pada masyarakat, seperti pembiayaan pendidikan, bantuan penyediaan sarana ibadah, pelayanan keagamaan serta pemeliharaan kerukunan umat beragama.
  5. Laksanakan optimalisasi pelaksanaan anggaran antara lain dengan efisiensi pada belanja perjalanan dinas, pembiayaan kegiatan sosialisasi, orientasi, workshop, konsinyering, rapat-rapat diluar kantor, dan rapat kerja di luar wilayah kerja tanpa mengurangi target kinerja termasuk didalamnya efisiensi belanja perjalanan dinas luar negeri seperti kegiatan studi banding dan undangan yang tidak berdampak langsung bagi peningkatan kinerja Kemneterian Agama.
  6. Jangan memunculkan lagi jenis kegiatan dan anggaran yang tidak jelas, tidak konkrit, atau kalimatnya bersayap, dengan kalimat yang absurd.
  7. Membatasi pembentukan tim-tim kegiatan yang outputnya tidak jelasdan hanya menghamburkan anggaran, karena sudah ada tunjangan kinerja.
  8. Segera tuntaskan pelaksanaan Reformasi Birokrasi yang telah berjalan di lingkungan Kementerian Agama dalam rangka menciptakan iklim positif dan semangat kerja baru bagi seluruh jajaran Kementerian Agama didasari lima nilai budaya kerja Kementerian Agama yaitu Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tanggung Jawab dan Keteladanan.
  9. Tingkatkan kualitas pelaksanaan anggaran dalam rangka mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK-RI pada laporan keuangan Kementerian Agama.
  10. Tingkatkan koordinasi dan konsultasi baik secara internal maupun dengan instansi terkait dalam rangka pelaksanaan anggaran yang efektif, efisien, transparan dan akuntabel.
  11. Selesaikan seluruh temuan hasil pemeriksaan BPK-RI, BPKP, dan Inspektorat Jenderal sesuai dengan rekomendasi dan hindari kesalahan yang sama agar tidak berulang pada tahun 2016.

Semoga di tahun 2016 ini, dengan ghiroh Ikhlas Beramal didorong dengan semangat 5 nilai budaya kerja kita teguhkan revolusi mental untuk Kementerian Agama yang Bersih dan Melayani demi mewujudkan Kementerian Agama Berintegritas. 


   




0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)