INFO

Selasa, 02 Agustus 2016 - 15:38:26 WIB
Pemutakhiran Data EMIS Semester Ganjil TP.2016/2017

Diposting oleh : Administrator
Kategori: Sistem Informasi - Dibaca: 12517 kali

Sehubungan dengan telah dimulainya kegiatan belajar mengajar pada tahun pelajaran 2016/2017, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam akan melakukan pemutakhiran data Pendidikan Islam periode Semester Ganjil TP.2016/2017 melalui sistem pendataan EMIS.

Dalam rangka pelaksanaan pemutakhiran data EMIS tersebut, dengan ini kami sampaikan hal-hal sebagai berikut :

1.  Pemutakhiran data EMIS semester ganjil TP.2016/2017 diberlakukan bagi seluruh entitas pendataan dibawah binaan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, meliputi : RA, MI, MTs, MA, Pengawas Madrasah, Pondok Pesantren, Diniyah Takmiliyah, Lembaga Pendidikan Al-Qur’an, Guru PAI pada sekolah dan pengawas PAI.

2.  Setiap satuan pendidikan, peserta didik, lulusan, pendidik dan tenaga kependidikan di bawah binaan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam diwajibkan untuk melakukan pemutakhiran data EMIS semester ganjil TP.2016/2017 dengan mengisi instrumen pendataan resmi yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam secara lengkap dan akurat, sesuai petunjuk pengisian yang tersedia.

3.  Bagi satuan pendidikan (RA, MI, MTs, MA, Pondok Pesantren, Diniyah Takmiliyah, Lembaga Pendidikan Al-Quran), Guru PAIS, Pengawas PAI dan Pengawas Madrasah yang tidak melakukan pemutakhiran data EMIS, tidak akan diakui keberadaannya oleh Kementerian Agama RI dan secara otomatis tidak berhak mendapatkan layanan dalam bentuk apapun dari Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (termasuk peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan yang ada di dalamnya).

4.  Instrumen pendataan dan Aplikasi Dekstop EMIS semester ganjil TP.2016/2017 sebagaimana terlampir dan juga dapat diunduh pada aplikasi EMIS SDM pada laman web http://emispendis.kemenag.go.id/emis_sdm/. dengan login menggunakan akun masing-masing satuan pendidikan.

5.  Waktu pelaksanaan pemutakhiran data EMIS semester ganjil TP.2016/2017  dimulai tanggal 1 Agustus 2016 dan akan berakhir pada tanggal 31 Oktober 2016, yang terbagi atas 4 tahap yakni :

  1. Distribusi dan pengisian instrumen Excell oleh tiap satuan pendidikan yang dijadwalkan bulan agustus 2016
  2. Pelaksanaan Verval Satuan Pendidikan pada aplikasi EMIS SDM yang dijadwalkan pada tanggal 13 – 16 Agustus 2016. Seluruh satuan pendidikan madrasah wajib melakukan verval satuan pendidikan. Hasil verval satuan pendidikan madrasah menjadi database/referensi lembaga dalam pembuatan aplikasi EMIS Dekstop dan EMIS Online. Lembaga yang tidak melakukan verval satuan pendidikan otomatis tidak dapat melakukan pemutakhiran data EMIS semester ganjil.
  3. Validasi data EMIS pada aplikasi dekstop, yang dijadwalkan bulan september 2016
  4. Upload ADK EMIS ke aplikasi EMIS online yang dijadwalkan bulan oktober 2016.

 Instrumen EMIS dapat diunduh disini :

  1. Raudhathul Athfal
  2. Madrasah Ibtidaiyah
  3. Madrasah Tsanawiyah
  4. Madrasah Aliyah
  5. Pengawas Madrasah
  6. Guru PAI pada Sekolah dan Pengawas PAI
  7. Pondok Pesantren, DIniyah takmiliyah dan Lembaga Pendidikan Al-Quran (Menunggu Rilis EMIS Pusat)

   




0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)